Informasi & Promo

Post Page Advertisement [Top]

Jika kita mengamati tren teknologi saat ini, produsen kamera seakan – akan berlomba siapa yang bisa membuat kamera dengan megapixel paling besar.


Entah itu kamera digital SLR, pocket, ataupun kamera smartphone. Ada kamera smartphone yang di iklannya dipampang besar – besar, 13 megapixel bahkan ada yang sampai 41 megapixel.

Kamera Megapiksel Besar Bergengsi?

Kan sering ketika kita bertemu dengan teman, terus saat mau foto – foto atau selfie, semua saling bertanya kamera smartphone siapa yang megapixelnya paling besar, itu yang akan dipakai. Nah senada dengan itu produsen DSLR pun turut mengobral promosi masing-masing dengan produk kamera yang bermegapixel sangat besar, yang teranyar tentunya adalah Canon 5DS dan 5DSR.


Kamera Canon 5DSR dengan resolusi sensor hingga 50 megapiksel!
Dua kamera DSLR dengan megapixel monster karena ukuran megapixelnya mencapai angka 50, mengalahkan rekor yang selama ini dipegang oleh Nikon D810 dengan 36 megapixel.
Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah kamera dengan megapixel yang besar otomatis gambar yang dihasilkan lebih bagus?

Sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ulas dulu apa yang menjadi faktor sebuah foto bisa dikatakan bagus kualitasnya. Walaupun terkadang yang namanya bagus itu sangat subjektif, tergantung siapa yang melihatnya atau menilainya.

Penentu Kualitas Gambar Sebuah Foto

Dalam pembahasan – pembahasan sebelumnya telah kita bahas mengenai eksposure dan segitiga pembentuknya, salah satu yang paling sering kita baca dalam pembahasan selalu mengenai sensor kamera. Setiap kamera, mulai dari kamera smartphone, pocket digital, DSLR, sampai kamera medium format yang harganya bisa buat beli mobil, semuanya memiliki yang namanya sensor kamera.

Ibarat manusia, sensor kamera adalah jantungnya kamera, karena sensorlah yang memungkinkan kita bisa mengambil foto. Fungsi sensor utamanya adalah mengkonversi cahaya yang ditangkap menjadi  data digital, yang kemudian kita lihat di layar kamera atau layar monitor sebagai gambar atau foto.

Sensor kamera tidaklah sama ukurannya. Dimulai dari sensor yang kecil pada handphone atau smartphone (tapi ada juga sensor smartphone yang memiliki ukuran mendekati atau hampir sama dengan kamera digital/kamera pocket), sensor pada kamera digital,sensor micro four third, Ukurannya juga bervariasi, ada yang 1/1.2 inchi, 1/1.7inchi, ada juga ukuran 1 inchi.

Ukuran disini maksudnya adalah luas permukaan sensor. Untuk ukuran sensor kamera DSLR sendiri terbagi dua secara umum yaitu sensor APSC (Advance Photo Sistem Classic) dan sensor kamera Full Frame. Ukuran sensor APSC adalah 22x15mm  sedangkan Full Frame sebesar 50x39mm, namun ukuran tersebut juga tergantung masing-masing produsen kameranya. Karena setiap produsen memiliki standar masing – masing.

Terus apa gunanya sensor yang sebesar 5 centimeter tadi, secara umum besaran sensor gambar, berbanding lurus dengan kualitas gambar (berbanding lurus dengan harganya juga hehe), tanpa memperhitungkan berapa megapixel kameranya.

Hal itulah yang menjadi dasar mengapa ketika anda memotret dengan menggunakan smartphone ukuran 16 megapixel, kualitas gambarnya masih kalah dengan hasil foto DSLR 12 megapixel, walaupun ukuran foto dari smartphone tersebut lebih besar.

Megapiksel Foto Menunjukkan Besar Foto Saat Dicetak

Sekali lagi ukuran fotonya lebih besar, ya karena megapixel menunjukan seberapa besar foto tersebut jika dicetak nantinya. Sebagai contoh sensor 8 megapixel ukuran cetaknya adalah 28 x 20 cm (11 x 8 inchi).


Foto yang dipakai di billboard raksasa umumnya dipotret menggunakan kamera bermegapiksel besar
Kembali ke pertanyaan dasar tadi, apakah kamera dengan megapixel besar bagus? Jika saya seorang marketing yang memasarkan smartphone 16megapixel pasti saya jawab sangat bagus. Tapi tunggu dulu, megapixel bukanlah satu-satunya penentu kualitas foto, seperti dijelaskan di atas, masih ada ukuran sensor kamera yang jauh lebih menentukan kualitas foto.

Disamping tentunya lensa yang kita pakai ataupun keahlian memotret yang kita punya, jadi jangan dulu termakan rayuan promosi megapixel besar, cek dulu ukuran sensornya.

Foto Dengan Megapiksel Besar Mudah Untuk Dicrop

Terus megapixel besar jelek dong? Jangan juga memvonis seperti itu, coba lihat dulu foto di bagian paling atas postingan ini, di situ tampak seekor burung sedang terbang di langit kan? (ya ialah masakan buaya -_- ). Jika menurut anda itu diambil menggunakan lensa tele, atau lensa yang panjang-panjang, sayangnya belum tepat, foto itu adalah hasil crop atau dipotong dari foto aslinya, sehingga menghasilkan ukuran seperti itu. Coba lihat dulu foto aslinya di bawah ini.


Lihat, bagaimana ukuran foto yang dicrop sebenarnya sangat kecil, tapi hasil fotonya masih cukup bagus ketajamannya? Itulah salah satu kegunaan kamera dengan megapixel besar, kita bisa dengan mudah meng-crop foto yang ada, bahkan pada ukuran kecil dan bisa mendapatkan ukuran foto yang masih memadai.

Sekedar info saya mengambil foto tersebut menggunakan DSLR dengan ukuran sensor 24 megapixel.
Demikian penjelasan sederhana tentang kamera dengan megapixel besar, apakah bagus atau tidak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]