Informasi & Promo

Post Page Advertisement [Top]


Fungsi Reflektor

Reflektor banyak kali dipakai dalam pemotretan portrait atau model karena memiliki banyak fungsi yang penting, khususnya dalam pencahayaan. Reflektor adalah senjata ampuh yang bisa Anda gunakan saat memotret model tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.
Salah satu fungsi utama reflektor adalah memantulkan cahaya ke arah yang kita inginkan. Dalam hal ini sering digunakan untuk mengarahkan cahaya untuk jatuh ke model yang kita foto.
Kelebihan reflektor lainnya adalah kita bisa dengan mudah menempatkan pantulan cahaya tadi seperti yang kita mau, kita bisa mengarahkan cahaya ke arah wajah atau bagian tubuh lainnya yang kita inginkan untuk bisa mendapatkan cahaya yang cukup.
Selain itu kita bisa mengurangi kontras cahaya pada model yang dipotret, dengan begitu bagian yang terang dan gelap pada model foto tidak akan terlalu keras. Fungsi lainnya adalah menimbulkan catch light pada mata model, catch light di sini adalah pantulan cahaya yang tampak pada mata model yang kita potret.
Umumnya dalam menempatkan reflektor kita membutuhkan bantuan orang lain atau asisten untuk dipegang dan diarahkan ke titik yang kita mau.

Jenis-jenis reflektor

Reflektor terbagi berdasarkan warna dasar dari bahan yang bersifat memantulkan cahayanya. Saat ini ada bermacam-macam warna yang sering digunakan pada permukaan reflektor, namun yang paling umum dipakai adalah warna emas (gold), perak (silver), putih ataupun warna hitam.
Untuk masing-masing warna reflektor, memiliki karakteristik pencahayaan yang berbeda-beda. Selain itu, penggunaannya pun berbeda tergantung situasi pemotretan yang ada.
Reflektor Emas
Karakteristik cahaya yang dipantulkan reflektor ini umumnya bersifat keras dengan saturasi warna yang tinggi. Warna cahaya yang terpantul akan menjadi tampak kekuningan/jingga.
Jenis reflektor ini sering digunakan fotografer saat memotret di luar ruangan karena bisa memunculkan warna kulit dengan natural serta menonjolkan skin tone dari model yang ada.
Reflektor Perak
Serupa dengan reflektor berwarna emas, untuk warna perak, cahaya yang dipantulkan juga bersifat keras. Bedanya ketika digunakan di luar ruangan, reflektor berwarna perak akan memantulkan warna biru langit sehingga hasil foto bisa saja tampak kebiruan.
Namun ketika digunakan dalam studio, cahaya yang dipantulkan berwarna netral tak seperti reflektor berwarna emas yang warnanya lebih hangat.
Reflektor Putih
Jenis reflektor ini memantulkan cahaya lebih sedikit dibandingkan warna lainnya, namun penggunaan reflektor ini ideal saat dalam studio jika Anda ingin menyeimbangkan cahaya dari lampu flash eksternal yang digunakan, namun tetap menginginkan cahaya yang lebih halus.
Menariknya Anda tak perlu membeli reflektor khusus untuk yang warna putih ini, sebidang kotak stirofoam yang bisa didapat dengan harga murah, sudah sangat mencukupi untuk berfungsi sebagai reflektor.
Reflektor Hitam
Jenis reflektor ini berbeda dari yang lainnya, alih-alih memantulkan cahaya, reflektor hitam lebih ke menyerap cahaya. Tipe reflektor ini sangat berguna saat Anda memotret produk dari bahan kaca atau mengkilap, dengan begitu efek pantulan produk tersebut bisa dihilangkan atau diminimalisir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]