Informasi & Promo

Post Page Advertisement [Top]

terdapat beberapa fitur dari DSLR yang terkadang diabaikan oleh sebagian orang. Fitur-fitur ini tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam berjalannya fungsi kamera DSLR.

1. Tombol Pelepas Lensa


Jarang Diketahui, 4 Fitur Kamera DSLR ini Punya Peran Penting
Fungsi tombol pelepas lensa hanyalah sebagai pelepas lensa dari bodi. Tapi, jangan sekalipun kamu menyepelekan fungsi dari tombol ini. Lensa dan bodi kamera akan rusak jika tombol ini tidak ditekan saat melepas lensa, selain itu hal ini juga akan merusak sistem elektronis lensa dan bodi

Posisi tombol ini biasanya sama di setiap kamera. Berada di depan bodi dan terletak di samping lensa. Tekan tombol ini, lalu putar lensa untuk melepasnya.

2. Main Dial


Jarang Diketahui, 4 Fitur Kamera DSLR ini Punya Peran Penting
Bentuk main dial mirip dengan bentuk mode dial, seperti roda gerigi. Namun bedanya adalah hanya terlihat separuh bagian saja. Bentuk gerigi ini berguna untuk mempermudah pengaturan dengan menggunakan jari tangan.

Fungsi dari main dial adalah mengatur eksposur atau diafragma. Namun selain itu, menu lain juga diatur dengan manggunakan main dial, seperti ISO atau white balance.

3. Dioptri Viewfinder


Jarang Diketahui, 4 Fitur Kamera DSLR ini Punya Peran Penting
Fitur ini terbilang sangat jarang digunakan oleh banyak kalangan selain fotografer profesional. Karena letaknya yang berada di samping view finder, dan bentuknya terbilang kecil.

Selain itu, fungsi dioptri view finder ini biasanya digunakan oleh fotografer yang mempunyai permasalahan dalam segi pandangan mata seperti minus atau plus.

4. Light Meter


Jarang Diketahui, 4 Fitur Kamera DSLR ini Punya Peran Penting
Salah satu fitur kamera DSLR yang tidak bisa diabaikan, karena fungsinya sebagai pengukur berapa besar pencahayaan yang masuk ke dalam sensor. Fitur ini terletak di viewfinder atau pada live view dengan indikasi jika penunjuk bergerak ke kanan berarti pencahayaan kurang dan bila penunjuk bergerak ke kiri berarti mengalami pencahayaan yang berlebih.

Nah, itu dia 4 fitur kamera DSLR yang mungkin baru kamu ketahui fungsinya. Setelah baca artikel ini, kamu bisa lebih menggali fungsi atau fitur kamera DSLR lainnya agar bisa menghasilkan gambar yang lebih berkualitas. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]