Informasi & Promo

Post Page Advertisement [Top]



Fotografi adalah sebuah profesi atau hobi yang menantang, menyenangkan, menyehatkan tubuh, dan mental. Serta bikin bahagia.

Aku suka dengan dunia fotografi, dan walaupun masih berada di kelas fotografer pemula, tapi aktivitas tersebut saya melakukannya cuma sebagai hobi semata karena bermanfaat untuk kesehatan dan pikiran.

Namun, itu bagi fotografer profesional sebagai hobi sekaligus profesi sampingan atau utama yang menantang dan menyenangkan sebagai cara untuk mendapatkan uang.

Foto yang saya bidik memang hasilnya masih standar, tapi hasilnya sudah mulai fokus, komposisi nya sudah bagus, dan tidak begitu mengecewakan.

Lihat foto saya bidik dengan kamera ponsel di bawah ini, foto tidak lagi miring atau sudah lurus, dan bisa dibilang sudah tampak bagus.
Salah satu foto panorama laut yang dibidik oleh saya dengan mengikuti rule of third. Perhatikan batas cakrawala di sana, tampak lurus kan.?

Aku saat ini masih menggunakan kamera ponsel Asus ZenFone 2 Laser (ZE550KL) untuk menyalurkan hobi menantang, menyenangkan, dan bikin sehat tersebut.

Itulah mengapa beberapa foto yang saya bidik masih kalah bersaing dengan fotografer profesional. Soalnya beda peralatan dan pengetahuan dalam fotografi.

Nah, inilah beberapa manfaat yang menakjubkan yang akan kita dapatkan dengan menjadi seorang fotografer pemula atau profesional, sebagai berikut:

1#. Menguasai Perkembangan Teknologi Kamera

Hobi ini dapat memicu fotografer mempelajari perkembangan teknologi kamera baru, kelebihan, dan kekurangannya. 

Menjalani dunia fotografi atau sebagai seorang fotografer, mau tak mau harus mempelajari dan mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah kamera mandiri dan kamera ponsel.

Aku sebagai fotografer pemula dan kere, dan untuk saat ini masih belajar fotografi dengan memakai kamera ponsel murah, dan sudah hafal benar mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Selain itu, saya sudah mengetahui beberapa kelebihan dan keunggulan kamera mahal dan harganya karena saya sering membacanya di situs-situs yang mengulas tentang tips fotografi dan kamera baru.

Dan selain itu juga, saya sudah mulai sedikit pandai edit foto biasa menjadi menarik dengan aplikasi foto di smartphone dan laptop.

2#. Mengetahui Teknik Fotografi

Foto seorang wanita muda ditempatkan di sisi kiri, hasilnya tampak bagus dan ia tidak menghalangi latarbelakang.

Berkat mempelajari teknik fotografi melalui internet, itu dapat membantu saya mengambil foto dengan hasil lebih baik lagi.

Sebelumnya, semua foto yang saya ambil dengan kamera ponsel rata-rata miring dan tidak fokus, sekarang sudah lurus atau memiliki komposisi sedikit bagus.

Aku mempelajari teknik fotografi melalui Google. Terutama di situs-situs yang berada di luar negeri karena cara pembahasan mereka sangat menarik dan mudah dimengerti disertai contoh foto.
Panduan fotografi dasar yang harus diketahui oleh fotografer pemula, yakni Rule Of Third.

Teknik Rule Of Third

Rule Of Third atau aturan sepertiga ini terdapat di ponsel pintar Asus ZenFone 2 Laser (ZE550KL).

Rule of third atau aturan sepertiga, itu merupakan panduan, atau acuan, atau petunjuk, atau aturan dasar untuk memudahkan fotografer mengambil gambar atau foto dengan komposisi yang pas.

Intinya secara garis besar rule of thirds, bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar, yakni vertikal dan horisontal yang memiliki 9 area yang sama besar. Serta menghasilkan 4 titik pertemuan. Lihat pada foto diatas.
Contoh foto dibawah ini sudah mematuhi teknik aturan sepertiga. Terlihat lurus dan bagus.
Salah satu foto pemandangan di bidik dengan mengikuti panduan aturan sepertiga dan titik fokusnya mengikuti garis cakrawala, hasilnya foto terlihat lurus.

Contoh foto tanpa rule of third (aturan sepertiga), yakni asal bidik.



Salah satu foto yang asal dibidik, sehingga garis cakrawala terlihat miring. Emang itu enak dilihat.

Contoh foto potret dimana komposisi subjek berada tepat di tengah latarbelakang bikin orang gagal fokus dan atau tidak bagus untuk dilihat, dan seharusnya subjek ditempatkan sebelah kiri atau kanan.
Foto ini tidak enak untuk lihat karena fotografer menempatkan subjek berada tepat berada di tengah frame foto.

Ini salah satu foto yang enak untuk dilihat karena subjek ditempatkan sebelah kanan dalam frame dan tidak menutupi keseluruhan latarbelakang yang ingin ditonjolkan.

3#. Mengetahui Konsep Fotografi

Konsep foto hitam putih.

Sebagai seorang fotografer adalah lebih baik menentukan salah satu konsep fotografi untuk ditekuni, tapi itu bukan sebuah harga mati dalam dunia fotografi.

Aku saat ini sebagai fotografer pemula masih belum terikat dengan beberapa konsep fotografi dan setelah mempelajari fotografi, saya makin tahu, ternyata ada banyak konsep foto dalam dunia fotografi.

Dan Aku saat masih menjalani semua konsep fotografi landscape karena bagiku itu sangat menyenangkan dan menantang.

Konsep fotografi diantaranya adalah foto konsep tempo dulu atau lebih dikenal sebagai hitam putih, vintage, siluet, glamour, imajinasi, dan lain-lain.

Diantara konsep foto tersebut saya lebih menyukai konsep fotografi hitam putih. Karena dengan kamera ponsel pintar sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan foto hitam putih menarik.
3#. Menyehatkan Tubuh

Malas aktif sama dengan memelihara penyakit dalam tubuh, tapi sebaliknya itu bisa bikin tubuh menjadi sehat dan mental. Serta meningkatkan kesejahteraan jiwa.

Salah satu aktivitas paling menyenangkan dan menyehatkan tubuh dan mental. Serta dapat memperbaiki suasana hati yang buruk menjadi lebih baik, yakni fotografi.

Menggerakkan tubuh dengan meluangkan waktu pergi ke gunung, pantai, taman atau tempat umum lainnya, itu setidaknya sudah dapat mencegah dan atau mengurangi penyakit yang bersarang dalam tubuh.
4#. Menghilangkan Stres

Stres adalah gangguan mental sementara yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.

Fokus menembak foto pemandangan atau panorama alam laut, gunung, serangga, dan sebagainya, itu sudah cukup membantu menghilangkan beban pikiran atau stres.

Akibat tekanan patah hati, tekanan keuangan, masalah rumah tangga, pekerjaan kantor, dan sebagainya.

5#. Mencegah Pikun

Selain menyehatkan tubuh dan mental, profesi itu juga dapat mencegah pikun sebab profesi fotografi bisa dibilang sebagai aktivitas fisik yang menantang dan menyenangkan daripada mengisi TTS.

Sebuah studi melibatkan 200 orang dengan usia 60 tahun ke atas ditemukan fungsi otak peserta cenderung lebih tajam kembali.

Itu setelah memperoleh mereka menerima latihan mental menantang yang lebih panjang, berkelanjutan dan terlibat bersama didalamnya.

6#. Bikin Bahagia

Berburu foto di tempat keren bisa bikin mood menjadi lebih baik dan bahagia.

Fotografi termasuk hobi yang menyenangkan, dan tentu saja itu bisa mendatangkan potensi kebahagiaan, dan juga berlaku untuk banyak hobi kreatif lainnya.

Singkatnya karena foto memiliki kekuatan cerita yang dapat meningkatkan mood daripada nonton film, TV, minum kopi, dan sebagainya.

7#. Mengabadikan Kenangan

Foto kenangan menemani si kecil bermain setahun lalu dan sekarang dia sudah beranjak menjadi besar.

Foto yang diambil beberapa tahun lalu, ternyata dapat membangkitkan kembali memori atau kenangan Anda, bila dilihat ulang kembali saat ini.

Tidak percaya,? dan  mau bukti coba lihat foto lama orangtua Anda atau foto tua lainnya, yang terdapat di album foto atau laptop.

Jadi, sekarang mari mencoba untuk mengambil beberapa foto momen bersama keluarga, teman dan sebagainya, dan lihatlah kembali beberapa hari ke depan.

Itu akan memulihkan kembali ingatan Anda pada masa lalu.
8#. Menghasilkan Uang

Ada banyak fotografer di seluruh dunia menjadikan hobi fotografi sebagai profesi untuk mendapatkan uang.

Hobi ini sudah menjadi profesi utama atau sampingan bagi sebagian fotografer profesional diseluruh dunia untuk mendapatkan uang, mereka menjual foto di internet, dan ada juga yang membuka jasa fotografi perkawinan atau acara penting lainnya.


9#. Memiliki Banyak Pengalaman

Berkunjung di Bali kita disambut tarian

Jalan-jalan ke mana dan kapan saja untuk berburu foto hewan, panorama alam laut, gunung, desa, dan sebagainya, itu dapat menambah pengalaman Anda tentang sebuah lokasi, budaya di sebuah desa atau negara, ciri fisik hewan, dan masih banyak lagi.
10#. Mempunyai Banyak Teman

Bergabung dengan sesama fotografer di dunia nyata dapat menambah teman dan pengetahuan baru.

Selain itu, bila suatu ketika Anda bepergian pada suatu tempat baru, disana mungkin Anda akan mendapatkan orang baru sebagai teman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]