Informasi & Promo

Post Page Advertisement [Top]



Jika Sahabat Fotografi melihat dengan detail apa saja bagian kamera dan fungsi masing-masing, kamu akan melihat sebenarnya ada 2 teknologi viewfinder di setiap kamera. Viewfinder atau jendela bidik ini sejak zaman dahulu menggunakan teknologi optical viewfinder, sedangkan kebanyakan kamera yang muncul sekarang menggunakan elektronik viewfinder.

Kedua teknologi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, jika Sahabat Fotografi tertarik untuk mempelajari optical viewfinder atau elektronik viewfinder, coba simak penjelasannya di bawah ini.

Optical Viewfinder

Sekarang kita akan membahas optical viewfinder. Hampir semua DSLR menggunakan jendela bidik optical, jadi di dalam kamera terdapat jendela kaca mekanik yang naik turun (reflex mirror). Oleh karena itu, biasanya apa yang kamu lihat di dalam viewfinder ini hasilnya tidak sama ketika kamu mengambil gambar. Di sinilah kamu harus mengatur shutter speed, ISO, dan aperture untuk menghasilkan foto yang terang atau yang diinginkan.

Salah satu kelebihan dari optical viewfinder adalah kamu bisa menghasilkan foto yang kamu inginkan dengan mengatur shutter speed, ISO, sampai aperture. Jika kamu sedikit berpengalaman, kamu akan mendapatkan hasil foto yang sempurna.

Sedangkan kelemahan dari optical viewfinder adalah bagi pemula ini akan sangat menyulitkan. Terkadang kamu sudah mendapatkan foto yang terang, tetapi ketika diambil, gambarnya akan low exposure.

Elektronik Viewfinder

Photo credit digitaltrends.com
Selanjutnya untuk elektronik viewfinder, ini merupakan teknologi terbaru yang hampir ada di setiap kamera mirrorless. Kelebihan dari elektronik viewfinder adalah kamu akan mendapatkan apa yang kamu dapat. Jadi, kamu tidak perlu risau jika berada di tempat yang agak gelap atau terang karena apa yang kamu lihat di dalam viewfinder akan sama dengan hasilnya nanti.

Tetapi ada kelemahannya, yaitu elektronik viewfinder akan lebih cepat menyedot baterai daripada optical viewfinder. Selain itu, kelemahan lainnya jika kamu terus menerus menggunakan pengaturan auto, kamu tidak bisa belajar pengaturan secara manual.

Itulah sedikit perbedaan antara optical viewfinder dengan elektronik viewfinder. Jika kamu merupakan pemula dalam urusan fotografi, memakai optical viewfinder ini dapat menjadi cara belajar yang cukup ampuh. Tetapi jika kamu tidak ingin ribet dalam urusan pengambilan gambar, kamu bisa memilih kamera yang mempunyai elektronik viewfinder.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]