Informasi & Promo

Post Page Advertisement [Top]

8 Tips Meningkatkan Skill Fotografi Menggunakan Smartphone - Postingan kali ini tentang 8 tips tentang cara meningkatkan skill atau kemampuan fotografimu dengan menggunakan smartphone. Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi dan informasi saat ini bisa dikatakan sangat pesat, salah satunya yang kita kenal yaitu perangkat handphone atau saat ini lebih dikenal dengan smartphone.

Hampir semua orang telah menggunakan smartphone yang canggih, mulai dari yang muda sampai yang tua sekalipun. Smartphone saat ini telah menyodorkan fitur-fitur yang canggih dan menarik serta sangat berguna dalam menunjang kehidupan hampir semua kalangan usia. Salah satu fitur yang suguhkan bagi pengguna smartphone adalah kamera dari smartphone itu sendiri.

Kamera canggih yang terdapat pada smartphone saat ini bisa dikatakan telah menggeser gagasan fotografi itu sendiri, di mana dulu untuk dapat memotret kita harus memiliki kamera. Namun karena kemudahan dari smartphone sendiri yang dapat dibawa kemana-mana dan harganya yang terjangkau untuk masyarakat luas. Semua orang yang memiliki smartphone dapat mengabadikan moment dengan hasil foto yang berkualitas baik dengan menggunakan kamera yang terdapat pada smartphone. 

Selain itu ada banyak aplikasi dan peralatan penunjang yang dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan kualitas foto dari smartphone. Tentunya jika dibarengi dengan skill fotografi yang baik, pengguna smartphone dapat membuat foto yang tidak kalah kualitasnya dengan foto yang dibuat menggunakan kamera dslr yang saat ini masih tergolong mahal. 

Berikut tips yang dapat membantu meningkatkan skill fotografimu menggunakan smartphone.

1. Memahami Settingan Kamera Smartphone Milikmu

Jangan pernah mengharapkan hasil foto yang berbeda dan berkualitas jika kamu hanya mengandalkan mode otomatis (Auto) pada kamera smartphone milikmu. Jika kamu ingin meningkatkan skill fotografimu menggunakan smartphone, cobalah untuk mengutak-atik settingan pada kamera smartphonemu. 


Meskipun setiap smartphone memiliki settingan yang berbeda untuk setiap merk dan tipenya, pada umumnya setiap kamera pada smartphone memiliki settingan untuk mengatur fokus (baca tentang Depth of Field), Exposure, ISO, White Balance, Lighting (pencahayaan) dan lainnya.

2. Settingan Resolusi Tinggi (High Quality)

Ketika kamu akan memotret menggunakan kamera smartphone milikmu, jangan pernah ragu menggunakan settingan resolusi tertinggi (high quality). Meskipun akan memakan sedikit lebih banyak memory, foto yang menggunakan settingan kualitas tinggi memberikan hasil yang memuaskan. Tentunya hal ini bukanlah menjadi suatu masalah besar jika kamu menggunakan smartpone milikmu untuk moment-moment terbaik dalam hidupmu. Apalagi saat ini banyak aplikasi atau sosial media yang untuk sharing foto berbasis online yang dapat kamu manfaatkan untuk mengurangi pemakaian memory smartphone milikmu.


Satu hal yang harus kamu perhatikan dalam hal ini, yaitu berusahalah untuk tidak menggunakan fitur zoom in pada kamera smartphone. Jika memang kamu bisa lebih dekat dengan objek foto tanpa harus menggunakan fitur zoom in, cobalah melangkah ke depan dan posisikan dirimu lebih dekat dengan objek. Karena penggunaan fitur zoom in akan sedikit mengurangi kualitas foto yang kamu potret. Meski seringkali diabaikan, ini merupakan salah satu tips yang membantumu meningkatkan skill fotografi menggunakan smartphone.

3. Gunakan Kamera Belakang

Banyak merk dan type smartphone yang saat ini sudah canggih dan memiliki dua buah kamera sekaligus dalam satu perangkat (back camera & front camera). Meski ada beberapa merk dan type tertentu yang memiliki fitur yang hampir sama antara kamera belakang dan kamera depan smartphone nya.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa, kamera belakang smartphone biasanya dilengkapi dengan peralatan yang lebih canggih dibandingkan kamera depan. Dan tentunya jika berbicara masalah kualitas foto yang dihasilkan, maka kamera belakang selalu menawarkan hasil dengan kualitas yang terbaik dibandingkan kamera depan.

4. Perlakukan Lensa Dengan Baik

Jika kamu memang sangat hobi memotret dengan smartphonemu, gunakanlah perangkat pendukung untuk melindungi lensa smartphone milikmu dari berbagai gangguan yang berasal dari luar (debu, minyak, goresan dan lainnya). Bersihkan lensamu dengan rutin dan teliti, kamu bisa menggunakan peralatan pembersih khusus untuk lensa.

Cobalah gunakan tambahan lensa (attachable lenses) yang dijual banyak dipasaran untuk mendapatkan efek yang lebih menarik pada hasil fotomu. Jenis lensa tambahan yang dapat kamu coba yaitu macro, wide, fish-eye dan lainnya.

5. Gunakan Tripod atau Monopod (Tongsis)

Biasanya kamera smartphone telah memiliki fitur image stabilizing yang tertanam pada smartphone. Namun fitur tersebut akan berkurang kegunaannya jika kita gunakan untuk memotret pada kondisi pencahayaan yang kurang atau redup, sehingga foto menjadi kurang tajam (blur).


Selain itu jika kita menggunakan mode low-speed, foto yang kita hasilkan akan rentan menjadi blur. Maka gunakanlah tripod untuk mengurangi getaran atau goyangan pada smartphone saat kamu mengambil foto. Kamu dapat menggunakan monopod atau lebih dikenal dengan tongsis untuk memotret dirimu sendiri (selfie) dari arah yang agak jauh.

 6. Perhatikan Kondisi Pencahayaan (Lighting)

Pada artikel lainnya pernah saya bahas tentang 'Pencahayaan Dalam Fotografi'. Kesulitan terbesar saat memotret menggunakan smartphone agar hasil foto yang dihasilkan berkualitas baik, yaitu ketika memotret dalam ruangan yang pencahayaannya kurang.

Cobalah untuk memotret di tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup. Atau jika diperlukan, carilah dan dekatilah sumber cahaya. Jika kamu ingin menghasilkan foto yang lebih dramatis, cobalah memotret objek yang memiliki pencahayaan tinggi dengan latar yang lebih gelap. Sehingga perbedaan area gelap dan terang terlihat sangat kontras.

7. Komposisi (Rule of Third)

Jika kamu ingin meningkatkan skill fotografi, baik itu menggunakan kamera dslr maupun smartphone, kamu harus memahami dan menguasai komposisi dalam fotografi. Berbicara tentang komposisi dalam fotografi, kamu mau tidak mau harus memahami konsep dasar komposisi fotografi yang dikenal dengan istilah rule of third (baca postingan tentang 'Rule of Third').

Jika kamu sudah menguasai komposisi dalam fotografi dengan baik, kamu dapat menerapkan teknik pengambilan sudut pandang (angle), leading line, framming dan teknik komposisi lainnya pada saat kamu mengambil foto.

8. Aplikasi Kamera dan Editing Foto Smartphone

Tidak kalah pentingnya, salah satu pendukung yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan skill fotografi menggunakan smartphone milikimu yaitu dengan memanfaatkan berbagai aplikasi pihak ketiga yang tersedia banyak untuk melakukan editing pada fotomu atau mengubah sedikit fitur bawaan kamera smartphone milikmu.

Setiap aplikasi kamera ataupun aplikasi editing foto pada smartphone memiliki fitur unggulannya masing-masing. Jika kamu dapat memanfaatkannya dengan baik, maka hasil fotomu pasti akan lebih berbeda dan menarik.

Dan tentunya dengan latihan terus menerus maka jalan untuk meningkatkan skill fotografi mu menggunakan smartphone akan semakin terbuka lebar. Maka dari itu, ayo keluar dan memotret lah lebih banyak untuk mengasah kemampuanmu.



Sumber : https://lensfotografi.blogspot.com/2016/03/meningkatkan-skill-smartphone-fotografi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]